Riset Media cetak (koran), Radio dan Televisi
Jakarta, 3 juli 2019
Dari pengertian tersebut terdapat istilah "bermedia"yang mengadung makna bahwa periklannya mengunakan macam macam media komunikasi untuk menyampaikan pesan pesan komersial kepada khalayakan sasaran.
Media yang digunakan dalam periklanan pada ummnya adalah media masa seperti surat kabar
, telivisi, radio, majalah dan internet. media berperan sangat penting dalam periklanan.
Apa itu media planning dan media buying?
Media planning adalah proses menentukan bagaimana menggunakan waktu dan ruang untuk meraih tujuan pemasaran. Impelementasinya memilih media yang tepat untuk digunakan dalam penyampaian pesan - pesan iklan produk tertentu.Sedangkan media buying dalam kegiatan periklanan adalah merupakan aktivitas dalam memilih institusi media, memonitoring dan mengevaluasi hasil dari kegiatan media planner.
Fungsi yang dijalankan adalah:
Ferino Mayrinda
Menurut Suhandang (2005),Mengemukakan iklan sebagai salah satu jenis teknik komunikasi massa dengan membayar ruangan atau waktu untuk menyiarkan informasi tentang barang dan jasa yang ditawarkan oleh si pemasang iklan.
Dari pengertian tersebut terdapat istilah "bermedia"yang mengadung makna bahwa periklannya mengunakan macam macam media komunikasi untuk menyampaikan pesan pesan komersial kepada khalayakan sasaran.
Media yang digunakan dalam periklanan pada ummnya adalah media masa seperti surat kabar
, telivisi, radio, majalah dan internet. media berperan sangat penting dalam periklanan.
Media iklan jika ditinjau dari sudut pandang proses kegiatan periklanan, maka ia berada pada posisi aktivitas media palnning dan media buying.
Apa itu media planning dan media buying?
Media planning adalah proses menentukan bagaimana menggunakan waktu dan ruang untuk meraih tujuan pemasaran. Impelementasinya memilih media yang tepat untuk digunakan dalam penyampaian pesan - pesan iklan produk tertentu.Sedangkan media buying dalam kegiatan periklanan adalah merupakan aktivitas dalam memilih institusi media, memonitoring dan mengevaluasi hasil dari kegiatan media planner.
Fungsi yang dijalankan adalah:
- Penyediaan informasi bagi media planner, misalnya rating acara atau positioning suatu media.
- Negosiasi harga pembelian dan penyewaan waktu dan ruang pada suatu media.
- Memonitor pelaksana kegiatan iklan seperti menghitung jumlah target audience yang tereksposure atau memonitor jadwal pelaksana iklan.
- Mengevaluasi akumulasi efetvitas kegiatan periklanan melalui media tertentu.
Kegiatan periklanan bisa dikatakan efektif, bilamana target audience atau sasaran iklan mampu dicapai.
Untuk mencapai itu maka diperlukan perencana dan pemilihan media yang tepat.
Untuk mendukung pendapat mengenai pentingnya perencanaan media iklan yang akan digunakan sebagai penyampai pesan iklan.
Melvin de Fleur mengungkapan teori mengenai komunikasi satu tahap yang mempunyai sifat - sifat :
- Mengakui bahwa tidak semua media memiliki kekuatan atau pengaruh yang sama terhadap audience.
- Memperhitungkan peranan selektivitas, sebagai faktor yang menentukan didalam penerimaan pesan oleh audience.
- Mengakui kemungkuninan timbulnya reaksi yang berbeda - beda dari audience terhadap pesan komunikasi yang sama.
Medai iklan telivisi
Televisi (TV) adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Kata "televisi" merupakan gabungan dari kata tele (τῆλε, "jauh") dari bahasa Yunani dan visio ("penglihatan") dari bahasa Latin, sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan.”
Penggunaan kata "Televisi" sendiri juga dapat merujuk kepada "kotak televisi", "acara televisi", ataupun "transmisi televisi". Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia 'televisi' secara tidak formal sering disebut dengan TV (dibaca: tivi, teve ataupun tipi.)
Kotak televisi pertama kali dijual secara komersial sejak tahun 1920-an, dan sejak saat itu televisi telah menjadi barang biasa di rumah, kantor bisnis, maupun institusi, khususnya sebagai sumber kebutuhan akan hiburan dan berita serta menjadi media periklanan. Sejak 1970-an, kemunculan kaset video, cakram laser, DVD dan kini cakram Blu-ray, juga menjadikan kotak televisi sebagai alat untuk melihat materi siaran serta hasil rekaman. Dalam tahun-tahun terakhir, siaran televisi telah dapat diakses melalui Internet, misalnya melalui iPlayer dan Hulu.
Berikut harga pasang iklan di televisi nasional tahun 2018
Stasiun TV Biaya per 30 detik (Rp)
04.00-09.00 09.00-15.00 15.00-18.00 18.00-24.00 00.00-04.00
ANTV 8 juta - 30 juta 20 juta - 40 juta 30 juta - 50 juta 50 juta - 65 juta 10 juta - 30 juta
GLOBAL TV 20 juta 20 juta 20 juta - 30 juta 30 juta - 65 juta 20 juta - 40 juta
INDOSIAR 6 juta - 20 juta 20 juta - 25 juta 20 juta - 60 juta 25 juta - 85 juta 6 juta - 25 juta
KOMPAS 6 juta - 12 juta 6 juta - 14 juta 6 juta - 14 juta 16 juta 12 juta - 16 juta
METRO TV 10 juta - 24 juta 16 juta - 24 juta 24 juta - 32 juta 24 juta - 65 juta 10 juta - 24 juta
MNCTV 8 juta - 35 juta 25 juta - 50 juta 30 juta - 55 juta 10 juta - 75 juta 5 juta - 10 juta
NET TV 8 juta - 15 juta 15 juta 15 juta - 25 juta 20 juta - 25 juta 8 juta - 15 juta
RCTI 20 juta - 45 juta 30 juta - 45 juta 35 juta - 65 juta 45 juta - 65 juta 8 juta - 60 juta
SCTV 12 juta - 35 juta 35 juta - 55 juta 35 juta - 65 juta 35 juta - 65 juta 12 juta - 35 juta
TRANS 7 10 juta - 25 juta 20 juta - 25 juta 20 juta - 25 juta 20 juta - 40 juta 10 juta - 20 juta
TRANS TV 15 juta - 30 juta 20 juta - 30 juta 20 juta - 30 juta 30 juta - 45 juta 18 juta
TV ONE 5 juta - 20 juta 14 juta - 22 juta 14 juta - 42 juta 22 juta - 50 juta 5 juta - 12 juta
Medai iklan Radio
Meskipun saat ini sudah booming media telivisi dan internet ( termaksud media sosial)
tapi manfaatnya Mereka yang mendengarkan radio umumnya lebih suka hanya ‘mendengarkan’ apa yang sedang disiarkan, daripada dengan ‘menonton’ sesuatu. Selain itu mereka tetap setia, mereka biasanya tidak pernah berhenti mendengarkan radio. Mereka akan mengaktifkan radio, mungkin setelah bangun tidur atau waktu bekerja. Oleh karena itu, jika anda menargetkan konsumen melalui iklan radio, produk atau jasa anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan perhatian.
- Mengakui bahwa tidak semua media memiliki kekuatan atau pengaruh yang sama terhadap audience.
- Memperhitungkan peranan selektivitas, sebagai faktor yang menentukan didalam penerimaan pesan oleh audience.
- Mengakui kemungkuninan timbulnya reaksi yang berbeda - beda dari audience terhadap pesan komunikasi yang sama.
Medai iklan telivisi
Televisi (TV) adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Kata "televisi" merupakan gabungan dari kata tele (τῆλε, "jauh") dari bahasa Yunani dan visio ("penglihatan") dari bahasa Latin, sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan.”
Penggunaan kata "Televisi" sendiri juga dapat merujuk kepada "kotak televisi", "acara televisi", ataupun "transmisi televisi". Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia 'televisi' secara tidak formal sering disebut dengan TV (dibaca: tivi, teve ataupun tipi.)
Kotak televisi pertama kali dijual secara komersial sejak tahun 1920-an, dan sejak saat itu televisi telah menjadi barang biasa di rumah, kantor bisnis, maupun institusi, khususnya sebagai sumber kebutuhan akan hiburan dan berita serta menjadi media periklanan. Sejak 1970-an, kemunculan kaset video, cakram laser, DVD dan kini cakram Blu-ray, juga menjadikan kotak televisi sebagai alat untuk melihat materi siaran serta hasil rekaman. Dalam tahun-tahun terakhir, siaran televisi telah dapat diakses melalui Internet, misalnya melalui iPlayer dan Hulu.
Berikut harga pasang iklan di televisi nasional tahun 2018
Stasiun TV | Biaya per 30 detik (Rp) | ||||
04.00-09.00 | 09.00-15.00 | 15.00-18.00 | 18.00-24.00 | 00.00-04.00 | |
ANTV | 8 juta - 30 juta | 20 juta - 40 juta | 30 juta - 50 juta | 50 juta - 65 juta | 10 juta - 30 juta |
GLOBAL TV | 20 juta | 20 juta | 20 juta - 30 juta | 30 juta - 65 juta | 20 juta - 40 juta |
INDOSIAR | 6 juta - 20 juta | 20 juta - 25 juta | 20 juta - 60 juta | 25 juta - 85 juta | 6 juta - 25 juta |
KOMPAS | 6 juta - 12 juta | 6 juta - 14 juta | 6 juta - 14 juta | 16 juta | 12 juta - 16 juta |
METRO TV | 10 juta - 24 juta | 16 juta - 24 juta | 24 juta - 32 juta | 24 juta - 65 juta | 10 juta - 24 juta |
MNCTV | 8 juta - 35 juta | 25 juta - 50 juta | 30 juta - 55 juta | 10 juta - 75 juta | 5 juta - 10 juta |
NET TV | 8 juta - 15 juta | 15 juta | 15 juta - 25 juta | 20 juta - 25 juta | 8 juta - 15 juta |
RCTI | 20 juta - 45 juta | 30 juta - 45 juta | 35 juta - 65 juta | 45 juta - 65 juta | 8 juta - 60 juta |
SCTV | 12 juta - 35 juta | 35 juta - 55 juta | 35 juta - 65 juta | 35 juta - 65 juta | 12 juta - 35 juta |
TRANS 7 | 10 juta - 25 juta | 20 juta - 25 juta | 20 juta - 25 juta | 20 juta - 40 juta | 10 juta - 20 juta |
TRANS TV | 15 juta - 30 juta | 20 juta - 30 juta | 20 juta - 30 juta | 30 juta - 45 juta | 18 juta |
TV ONE | 5 juta - 20 juta | 14 juta - 22 juta | 14 juta - 42 juta | 22 juta - 50 juta | 5 juta - 12 juta |
Medai iklan Radio
Meskipun saat ini sudah booming media telivisi dan internet ( termaksud media sosial)
tapi manfaatnya Mereka yang mendengarkan radio umumnya lebih suka hanya ‘mendengarkan’ apa yang sedang disiarkan, daripada dengan ‘menonton’ sesuatu. Selain itu mereka tetap setia, mereka biasanya tidak pernah berhenti mendengarkan radio. Mereka akan mengaktifkan radio, mungkin setelah bangun tidur atau waktu bekerja. Oleh karena itu, jika anda menargetkan konsumen melalui iklan radio, produk atau jasa anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan perhatian.
Contoh Tarif pasang iklan di Radio Tahun 2018
Tarif iklan di Radio Andika FM
Tarif iklan radio Elshinta
Tarif iklan di Radio Andika FM
Jenis Iklan | Tarif Iklan (Rp) |
Spot 60 detik | 200.000 |
Time Signal (sampai 60 detik) | 300.000 |
Adlibs (sampai 60 detik) | 250.000 |
Live Report 5 menit | 1.000.000 |
Sponsor 50 menit | 3.000.000 |
Mini Talk Show 30 menit | 3.000.000 |
Talk Show 50 menit | 5.000.000 |
Sport Production (sampai 60 detik) | 1.000.000 |
Tarif iklan radio Elshinta
Jenis Program | Tarif Iklan (Rp) |
Spot/Adlibs (60 detik) | Reguler Time 2 : 1.300.000 |
Reguler Time 1 : 1.600.000 | |
Prime Time : 2.050.000 | |
Talk Show (60 menit) | Reguler Time 1 : 28.000.000 |
Prime Time (20.00 – 21.00) : 30.500.000 | |
Prime Time (09.00 – 10.00) : 32.000.000 | |
Live Report (3 menit) | 7.500.000 |
Time Signal | 55.000.000 |
Traffic Report | 70.000.000 |
- Tarif di atas belum termasuk PPN 10 persen.
- Pemasangan Spot atau Adlibs harus dengan format 2 prime time, 1 reguler time.
- Pembatalan order iklan satu minggu hingga dua hari sebelum penayangan, dikenakan biaya 25 persen.
- Pembatalan order iklan satu hari sebelum penayangan, dikenakan biaya 100 persen.
- Waktu penyerahan materi iklan adalah dua hari sebelum penayangan.
- Pembayaran dilakukan di muka untuk pemasangan iklan baru, baik via biro iklan maupun perusahaan.
Medai iklan Koran
Pengertian media cetak bagi masyarakat masih dipahami secara sempit. Banyak orang beranggapan bahwa media cetak sama dengan pengertian surat kabar atau majalah. Padahal, jika diurai maknanya secara mendalam, media cetak tidak terbatas pada dua jenis media itu saja.
Secara harfiah pengertian media cetak bisa diartikan sebagai sebuah media penyampai informasi yang memiliki manfaat dan terkait dengan kepentingan rakyat banyak, yang disampaikan secara tertulis. Dari pengertian ini, kita bisa melihat bahwa media cetak adalah sebuah media yang di dalamnya berisi informasi yang didalamnya terkait dengan kepentingan masyarakat umum dan bukan terbatas pada kelompok tertentu saja.
Media cetak ini merupakan bagian dari saluran informasi masyarakat di samping media eletronik dan juga media digital. Dan di tengah dinamika masyarakat yang demikian pesat, media cetak dianggap sudah tertinggal dibandingkan dengan dua pesaingnya yakni media elektronik dan media digital. Meski demikian, bukan berarti media cetak sudah tidak mampu meraih konsumen yang menantikan informasi yang dibawanya.
Dari pengertian media cetak tersebut, nampak ada keunggulan media ini dibandingkan dua pesaingnya tersebut. Media cetak bisa menyampaikan sebuah informasi secara detail dan terperinci. Sementara untuk media elektronik dan digital, mereka lebih mengutamakan kecepatan informasi.
Media cetak ini merupakan bagian dari saluran informasi masyarakat di samping media eletronik dan juga media digital. Dan di tengah dinamika masyarakat yang demikian pesat, media cetak dianggap sudah tertinggal dibandingkan dengan dua pesaingnya yakni media elektronik dan media digital. Meski demikian, bukan berarti media cetak sudah tidak mampu meraih konsumen yang menantikan informasi yang dibawanya.
Dari pengertian media cetak tersebut, nampak ada keunggulan media ini dibandingkan dua pesaingnya tersebut. Media cetak bisa menyampaikan sebuah informasi secara detail dan terperinci. Sementara untuk media elektronik dan digital, mereka lebih mengutamakan kecepatan informasi.
Berikut adalah biaya beriklan di koran ;
Comments
Post a Comment