Riset Media cetak (koran), Radio dan Televisi

Jakarta, 3 juli 2019

Ferino Mayrinda 



Menurut Suhandang (2005),Mengemukakan iklan sebagai salah satu jenis teknik komunikasi massa dengan membayar ruangan atau waktu untuk menyiarkan informasi tentang barang dan jasa yang ditawarkan oleh si pemasang iklan. 

Dari pengertian tersebut terdapat istilah "bermedia"yang mengadung makna bahwa periklannya mengunakan macam macam media komunikasi untuk menyampaikan pesan pesan komersial kepada khalayakan sasaran.

Media yang digunakan dalam periklanan pada ummnya adalah media masa seperti surat kabar
, telivisi, radio, majalah dan internet. media berperan sangat penting dalam periklanan.

Media iklan jika ditinjau dari sudut pandang proses kegiatan periklanan, maka ia berada pada posisi aktivitas media palnning dan media buying.

Apa itu media planning dan media buying?

Media planning adalah proses menentukan bagaimana menggunakan waktu dan ruang untuk meraih tujuan pemasaran. Impelementasinya memilih media yang tepat untuk digunakan dalam penyampaian pesan - pesan iklan produk tertentu.Sedangkan media buying dalam kegiatan periklanan adalah merupakan aktivitas dalam memilih institusi media, memonitoring dan mengevaluasi hasil dari kegiatan media planner.

Fungsi yang dijalankan adalah:

  1. Penyediaan informasi bagi media planner, misalnya rating acara atau positioning suatu media.
  2. Negosiasi harga pembelian dan penyewaan waktu dan ruang pada suatu media.
  3. Memonitor pelaksana kegiatan iklan seperti menghitung jumlah target audience yang tereksposure atau memonitor jadwal pelaksana iklan.
  4. Mengevaluasi akumulasi efetvitas kegiatan periklanan melalui media tertentu.
Kegiatan periklanan bisa dikatakan efektif, bilamana target audience atau sasaran iklan mampu dicapai.

Untuk mencapai itu maka diperlukan perencana dan pemilihan media yang tepat.

Untuk mendukung pendapat mengenai pentingnya perencanaan media iklan yang akan digunakan sebagai penyampai pesan iklan.

Melvin de Fleur mengungkapan teori mengenai komunikasi satu tahap yang mempunyai sifat - sifat :
  • Mengakui bahwa tidak semua media memiliki kekuatan atau pengaruh yang sama terhadap audience.
  • Memperhitungkan peranan selektivitas, sebagai faktor yang menentukan didalam penerimaan pesan oleh audience.
  • Mengakui kemungkuninan timbulnya reaksi yang berbeda - beda dari audience terhadap pesan komunikasi yang sama.

Medai iklan telivisi


Televisi (TV) adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Kata "televisi" merupakan gabungan dari kata tele (τῆλε, "jauh") dari bahasa Yunani dan visio ("penglihatan") dari bahasa Latin, sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan.”
Penggunaan kata "Televisi" sendiri juga dapat merujuk kepada "kotak televisi", "acara televisi", ataupun "transmisi televisi". Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia 'televisi' secara tidak formal sering disebut dengan TV (dibaca: tivi, teve ataupun tipi.)
Kotak televisi pertama kali dijual secara komersial sejak tahun 1920-an, dan sejak saat itu televisi telah menjadi barang biasa di rumah, kantor bisnis, maupun institusi, khususnya sebagai sumber kebutuhan akan hiburan dan berita serta menjadi media periklanan. Sejak 1970-an, kemunculan kaset videocakram laserDVD dan kini cakram Blu-ray, juga menjadikan kotak televisi sebagai alat untuk melihat materi siaran serta hasil rekaman. Dalam tahun-tahun terakhir, siaran televisi telah dapat diakses melalui Internet, misalnya melalui iPlayer dan Hulu.
Berikut harga pasang iklan di televisi nasional tahun 2018

Stasiun TVBiaya per 30 detik (Rp)
04.00-09.0009.00-15.0015.00-18.0018.00-24.0000.00-04.00
ANTV8 juta - 30 juta20 juta - 40 juta30 juta - 50 juta50 juta - 65 juta10 juta - 30 juta
GLOBAL TV20 juta20 juta20 juta - 30 juta30 juta - 65 juta20 juta - 40 juta
INDOSIAR6 juta - 20 juta20 juta - 25 juta20 juta - 60 juta25 juta - 85 juta6 juta - 25 juta
KOMPAS6 juta - 12 juta6 juta - 14 juta6 juta - 14 juta16 juta12 juta - 16 juta
METRO TV10 juta - 24 juta16 juta - 24 juta24 juta - 32 juta24 juta - 65 juta10 juta - 24 juta
MNCTV8 juta - 35 juta25 juta - 50 juta30 juta - 55 juta10 juta - 75 juta5 juta - 10 juta
NET TV8 juta - 15 juta15 juta15 juta - 25 juta20 juta - 25 juta8 juta - 15 juta
RCTI20 juta - 45 juta30 juta - 45 juta35 juta - 65 juta45 juta - 65 juta8 juta - 60 juta
SCTV12 juta - 35 juta35 juta - 55 juta35 juta - 65 juta35 juta - 65 juta12 juta - 35 juta
TRANS 710 juta - 25 juta20 juta - 25 juta20 juta - 25 juta20 juta - 40 juta10 juta - 20 juta
TRANS TV15 juta - 30 juta20 juta - 30 juta20 juta - 30 juta30 juta - 45 juta18 juta
TV ONE5 juta - 20 juta14 juta - 22 juta14 juta - 42 juta22 juta - 50 juta5 juta - 12 juta
Medai iklan Radio 

Meskipun saat ini sudah booming media telivisi dan internet ( termaksud media sosial)
tapi manfaatnya Mereka yang mendengarkan radio umumnya lebih suka hanya ‘mendengarkan’ apa yang sedang disiarkan, daripada dengan ‘menonton’ sesuatu. Selain itu mereka tetap setia, mereka biasanya tidak pernah berhenti mendengarkan radio. Mereka akan mengaktifkan radio, mungkin setelah bangun tidur atau waktu bekerja. Oleh karena itu, jika anda menargetkan konsumen melalui iklan radio, produk atau jasa anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan perhatian.

Contoh Tarif pasang iklan di Radio Tahun 2018

Tarif iklan di Radio Andika FM
Jenis IklanTarif Iklan (Rp)
Spot 60 detik200.000
Time Signal (sampai 60 detik)300.000
Adlibs (sampai 60 detik)250.000
Live Report 5 menit1.000.000
Sponsor 50 menit3.000.000
Mini Talk Show 30 menit3.000.000
Talk Show 50 menit5.000.000
Sport Production (sampai 60 detik)1.000.000

Tarif iklan radio Elshinta
Jenis ProgramTarif Iklan (Rp)
Spot/Adlibs (60 detik)Reguler Time 2 : 1.300.000
Reguler Time 1 : 1.600.000
Prime Time : 2.050.000
Talk Show (60 menit)Reguler Time 1 : 28.000.000
Prime Time (20.00 – 21.00) : 30.500.000
Prime Time (09.00 – 10.00) : 32.000.000
Live Report (3 menit)7.500.000
Time Signal55.000.000
Traffic Report70.000.000

  • Tarif di atas belum termasuk PPN 10 persen.
  •  Spot atau Adlibs harus dengan format 2 prime time, 1 reguler time.
  • Pembatalan order iklan satu minggu hingga dua hari sebelum penayangan, dikenakan biaya 25 persen.
  • Pembatalan order iklan satu hari sebelum penayangan, dikenakan biaya 100 persen.
  • Waktu penyerahan materi iklan adalah dua hari sebelum penayangan.
  • Pembayaran dilakukan di muka untuk pemasangan iklan baru, baik via biro iklan maupun perusahaan.

Medai iklan Koran 

Pengertian media cetak bagi masyarakat masih dipahami secara sempit. Banyak orang beranggapan bahwa media cetak sama dengan pengertian surat kabar atau majalah. Padahal, jika diurai maknanya secara mendalam, media cetak tidak terbatas pada dua jenis media itu saja.

Secara harfiah pengertian media cetak bisa diartikan sebagai sebuah media penyampai informasi yang memiliki manfaat dan terkait dengan kepentingan rakyat banyak, yang disampaikan secara tertulis. Dari pengertian ini, kita bisa melihat bahwa media cetak adalah sebuah media yang di dalamnya berisi informasi yang didalamnya terkait dengan kepentingan masyarakat umum dan bukan terbatas pada kelompok tertentu saja.
Media cetak ini merupakan bagian dari saluran informasi masyarakat di samping media eletronik dan juga media digital. Dan di tengah dinamika masyarakat yang demikian pesat, media cetak dianggap sudah tertinggal dibandingkan dengan dua pesaingnya yakni media elektronik dan media digital. Meski demikian, bukan berarti media cetak sudah tidak mampu meraih konsumen yang menantikan informasi yang dibawanya.
Dari pengertian media cetak tersebut, nampak ada keunggulan media ini dibandingkan dua pesaingnya tersebut. Media cetak bisa menyampaikan sebuah informasi secara detail dan terperinci. Sementara untuk media elektronik dan digital, mereka lebih mengutamakan kecepatan informasi.

Berikut adalah biaya beriklan di koran ;


Jenis Iklan

Harga

Diskon

Iklan Baris

Iklan Baris Sindo min. 3 baris, maks 9 baris, @32 karakter
Rp. 46.000 / baris25%

Iklan Kolom

Iklan Kolom Pengumuman Sindo (BW) Halaman Informasia ; min. 1x50, maks.1x100
   Ukuran 50 mmk s.d. 100 mmkRp. 46.000 / mmk30%
Iklan Kolom Lowongan Sindo (FC) Halaman Informasia ; Uk. min 1x50mmk maks. 1x100mmk
   Ukuran 50 mmk s.d. 100 mmkRp. 61.000 / mmk30%

Iklan Display

Iklan Display Sindo Center Spread Halaman Reguler Dalam, Min 700 mmk
    Ukuran 700 mmk s.d. 3780 mmkRp. 195.000 / mmk40%
Iklan Display Sindo Advertorial (FC) Halaman 3
    Ukuran 810 mmk s.d. 3780 mmk
Rp. 195.000 / mmk40%
Iklan Display Sindo Display (FC) Halaman 3, Min 810 mmk
    Ukuran 810 mmk s.d. 3780 mmkRp. 195.000 / mmk40%
Iklan Display Sindo Advertorial (FC) Halaman 5
    Ukuran 810 mmk s.d. 3780 mmk
Rp. 190.000 / mmk40%
Iklan Display Sindo (FC) Halaman 5, Min 810 mmk
    Ukuran 810 mmk s.d. 3780 mmkRp. 190.000 / mmk40%
Iklan Display Sindo (FC), Halaman 1
    Ukuran 40 mmk s.d. 3780 mmkRp. 260.000 / mmk40%
Iklan Display Sindo Halaman Dalam (BW), min 100 mmk
    Ukuran 100 mmk s.d. 3780 mmkRp. 120.000 / mmk40%
Iklan Display Sindo Halaman Dalam (FC) min 810 mmk
    Ukuran 810 mmk s.d. 3780 mmk
Rp. 185.000 / mmk40%
Iklan Display Sindo (FC), Halaman 7, min 810 mmk
    Ukuran 1890 mmk s.d. 3780 mmkRp. 185.000 / mmk40%
Iklan Display Sindo Advertorial (BW), Halaman Reguler Dalam ; Min 7 kol x 270 mmk (1/2 Hal)
    Ukuran 1890 mmk s.d. 3780 mmkRp. 120.000 / mmk40%
Iklan Display Sindo Advertorial (FC), Halaman Reguler Dalam ; Min 7 kol x 270 mmk (1/2 Hal)
    Ukuran 1890 mmk s.d. 3780 mmk
Rp. 185.000 / mmk40%
Iklan Display Sindo Island Ad Halaman Reguler Dalam, Edisi Nasional Min. 810 mmk
    Ukuran 100 mmk s.d. 3780 mmkRp. 195.000 / mmk40%
Iklan Display Sindo Laporan Keuangan / Neraca / Prospektus / RUPS (FC)
    Ukuran 40 mmk s.d. 3780 mmkRp. 37.500 / mmk40%
Iklan Display Sindo Laporan Keuangan / Neraca / Prospektus/ RUPS (BW)
    Ukuran 100 mmk s.d. 3780 mmk
Rp. 27.000 / mmk40%

Paket Iklan Display

Paket Iklan Display Sindo Business Event Kavling BW, ukuran 150 mmk x 160 Rp. 20.000.00040%
Paket Iklan Display Sindo Business Event Kavling FC, ukuran 150 mmk x 160 Rp. 30.000.00040%

Comments

Popular posts from this blog

Karekteristik Media Luar Ruang

ELEMEN DALAM DESAIN MEDIA IKLAN

Jenis-Jenis iklan