Jenis-Jenis iklan


  • Iklan Baris

Iklan baris merupakan salah satu cara untuk mempromosikan barang dan jasa. Umumnya, jenis iklan ini dapat Anda temui di koran. Iklan ini merupakan pengembangan dari jenis promosi iklan gambar menuju ke informasi yang lebih lengkap serta terperinci dalam bentuk teks.

Iklan baris mengutamakan informasi yang paling inti. Sebab, iklan baris hanyalah memuat informasi seperlunya serta membutuhkan beberapa baris saja. Umumnya, koran mensyaratkan iklan baris dalam 2-3 baris yang telah dilengkapi dengan nomor telepon, laman, dan sebagainya.

Karena iklan ini tidak memuat gambar, maka iklan dikelompokkan berdasarkan isinya. Contohnya kelompok barang akan dipasang pada baris yang berbeda dengan lowongan kerja. selanjutnya, barang yang dijual pun akan diklasifikasikan lebih jauh, seperti; rumah, tanah, motor, mobil, dan sebagainya.

Nomor telepon ataupun alamat rumah yang dijual biasanya akan disertakan di dalam iklan. jenis iklan ini lebih murah ketimbang iklan lainnya. Pembuatannya pun cenderung sederhana tanpa art work dan ilustrasi grafis. Sehingga, koran akan menerima iklan baris yang dapat segera dimuat dalam penerbitan keesokan harinya.

Perkembangan teknologi saat ini membuat jenis iklan ini tidak hanya pada koran saja. mulai merambah pada media lain seperti internet. Iklan baris kini ada di tumpukan laman atau blog.

  1. Biasanya tidak lebih dari 3-4 baris, luas tidak melebihi dari satu kolom khusus.
  2. Menggunakan kata-kata singkatan agar menghemat tempat.
  3. Ditemukan di dalam koran atau majalah-majalah.


  • Contoh: iklan lowongan kerja, iklan jual rumah atau apartemen, iklan jual tanah


    • Iklan Kolom

    IIklan kolom merupakan iklan yang dimuat dalam space iklan dalam bentuk kolom-kolom. Iklan jenis ini umumnya bisa ditemukan di media cetak dan media online. Tak jauh beda dengan jenis iklan lain, iklan kolom juga dapat mempromosikan jasa, barang, atau informasi lain yang akan diperkenalkan pada masyarakat umum.

    Iklan kolom biasanya dilengkapi dengan gambar dan visual yang sederhana untuk menarik perhatian dari calon konsumen. Ciri-ciri dari iklan kolom adalah terdiri dari informasi singkat tentang jasa, barang, dan pengumuman lain. Iklan kolom juga mempunyai volume dan ukuran yang lebih besar ketimbang jenis iklan lain di media koran. Kontennya pun dapat beragam sesuai dengan kebutuhan dari pengiklan.klan Kolom

    1. Biasanya memiliki luas satu kolom
    2. Lebih tinggi dibandingkan dengan iklan baris.
    3. Terdiri dari ilustrasi/gambar/foto yaang dilengkapi dengan kata-kata yang menarik.



    • Iklan Display


    Iklan display biasanya berbentuk kotak dan berukuran lebih dari satu kolom media cetak, minimal 2 kolom. Iklan display justru berisi dengan tampilan iklan dengan ilustrasi gambar serta sejenisnya sehingga dapat terlihat lebih jelas. iklan jenis ini ternyata lebih menarik ketimbang iklan kolom dan baris.

    Iklan display merupakan iklan yang sangat bagus dan dapat mendatangkan pelanggan lebih besar. Namun, iklan ini bisa memakan biaya yang cukup tinggi. Meski lebih cenderung menonjolkan visual serta ilustrasi, tapi Anda perlu membuat sebuah kalimat penawaran yang bagus. Poin paling utama yang perlu Anda perhatikan adalah mengusung gambar yang sesuai dengan iklan.

    Sehingga, iklan display lebih lebih tepat sasaran. Umumnya, jenis iklan ini berupa lowongan kerja, promo retail, pengumuman, seminar, tour dan travel, ucapan duka cita, produk, dan sebagainya.

    •  Iklan Advertorial

    Adventorial adalah bentuk periklanan yang disajikan dengan gaya bahasa jurnalistik. Advertorial berasal dari dua kata dalam bahasa Inggris Advertising dan Editorial. Periklanan (advertising) adalah penyajian materi secara persuasif kepada publik melalui media massa dengan tujuan untuk mempromosikan barang atau jasa. Editorial adalah pernyataan tentang opini yang merupakan sikap resmi dari redaksi
    Jenis dan contoh Advertorial:
    1.        Advertorial produk. Dalam penulisannya, membahas mengenai produk-produk apa saja yang ingin disajikan ke masyarakat.


    2. Advertorial jasa. Dalam penulisannya, menyajikan jasa yang ditawarkan pada khalayak. 

    3. Advertorial korporat (perusahaan). Dalam penulisannya, membahas mengenai keberadaan dan kegiatan suatu perusahaan atau instansi yang bersangkutan.



    4. Advertorial pemerintahan. Dalam penulisannya, membahas mengenai kegiatan di bidang pemerintahan atau potensi suatu daerah.



    Tujuan dan Fungsi: 

     Advertorial merupakan salah satu bentuk periklanan yang ada di media massa dengan menggunakan gaya bahasa jurnalistik. Tujuan utama dari advertorial adalah untuk memperkenalkan serta mempromosikan kegiatan, produk, atau jasa dari suatu perusahaan kepada khalayaknya. Tujuan lain dari advertorial adalah untuk memberikan citra yang baik kepada perusahaan itu sendiri. Fungsi utama dari advertorial adalah untuk pendamping, penerjemah, sekaligus penafsir iklan yang terdapat di media massa.


















      Comments

      Popular posts from this blog

      Karekteristik Media Luar Ruang

      ELEMEN DALAM DESAIN MEDIA IKLAN