Karekteristik Media Luar Ruang

 -Media Luar Ruang-

Karakteristik media luar ruang menurut Frank Jefkins 1997: 130 adalah seperti berikut ini : a. Ukuran dan dominasi Ukuran iklan outdoor pada umumnya cukup besar, maka iklan ini mampu mendominasi pemandangan dan mudah menarik perhatian. b. Warna Kebanyakan iklan outdoor dihiasi dengan aneka warna dengan gambar-gambar visual yang realistis sehingga memudahkan khalayak untuk mengingat produk yang diwakilinya. c. Pesan-pesan singkat Karena dimaksudkan untuk menarik perhatian orang-orang yang sedang bergerak dan mungkin saja dilihat dari kejauhan, maka pesan-pesan yang tertulis biasanya terbatas pada slogan singkat dan dicetak besar-besar serta mencolok. d. Zoning Penempatan iklan outdoor secara strategis dapat menciptakan suatu kampanye yang sangat ekonomis. commit to user 14 e. Efek Mencolok Karakteristik yang paling penting adalah kemampuan iklan outdoor dalam menciptakan kesan atau memori pemirsa melalui penebalan, warna, ukuran, dan pengulangan. 


1) Baliho


jenis macam contoh media luar ruang iklan outdoor advertising agency kelebihan kelemahan perbedaan definisi arti


Jenis media luar ruang yang pertama adalah baliho. Baliho sering kali digunakan oleh banyak orang untuk menyampaikan pesan, promosi, iklan, dan berbagai pemberitahuan lain yang ditujukan kepada masyarakat umum. Selain itu, baliho juga bisa digunakan untuk memberikan informasi tentang suatu event yang berhubungan dengan masyarakat luas serta sering digunakan untuk mengiklankan produk yang baru diluncurkan oleh perusahaan.

Apa saja manfaat dari baliho? Banyak sekali manfaat yang dirasakan mulai dari salah satu cara menyampaikan iklan kepada masyarakat, media promosi, bermanfaat untuk meningkatkan penjualan suatu produk, dan untuk meningkatkan popularitas merek atau pihak pengiklan sendiri.

Hal yang perlu kalian perhatikan saat menggunakan baliho sebagai media iklan luar ruang adalah titik pemasangan yang pas. Artinya jangan sampai iklan yang kalian pasang tersebut tidak terlihat oleh banyak orang dan menjadikan hasilnya menjadi kurang optimal.

2) Spanduk


jenis macam contoh media luar ruang iklan outdoor advertising agency kelebihan kelemahan perbedaan definisi arti


Selanjutnya adalah jenis media luar ruang yang bernama spanduk. Spanduk merupakan suatu kain rentang yang berisikan suatu berita, informasi, propaganda, dan slogan. Selain itu, semua spanduk juga bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mempromosikan kegiatan atau event yang mereka selenggarakan dan mempromosikan suatu produk yang dikeluarkan.

Spanduk menjadi media luar ruang yang cukup populer digunakan untuk melakukan promosi pada saat ini. Beberapa perusahaan advertising pun mampu menyediakan berbagai spanduk kepada pihak yang akan beriklan dengan cepat berkat adanya teknologi mesin digital printing.

Apa fungsi spanduk berkaitan dengan kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan? Pertama, spanduk dapat mempengaruhi citra produk yang dimiliki perusahaan, menimbulkan kepercayaan konsumen atas suatu produk, mengingatkan masyarakat kepada suatu produk yang dimiliki perusahaan, serta membangun loyalitas konsumen kepada perusahaan.

Selain manfaat di atas ternyata spanduk memiliki berbagai kelebihan yang bisa didapatkan oleh pihak pengiklan. Spanduk merupakan jenis media luar ruang yang tidak terlalu rumit dalam proses pembuatannya sehingga hal tersebut dapat dimanfaatkan jika perusahaan tidak memiliki banyak waktu untuk membuat suatu iklan. Kedua, spanduk dapat mendapatkan banyak target audience yang melihat spanduk yang dipasang.

Kalian juga bisa menempatkan spanduk di berbagai tempat sesuai dengan keinginan yang menurut kalian cocok untuk pemasaran. Kelebihan lainnya adalah media iklan spanduk dapat dilihat berulang-ulang oleh audiens. Sehingga dapat mengingatkan banyak masyarakat tentang suatu brand.

Meskipun demikian, jenis media luar ruang yang satu ini memiliki beberapa kelemahan yang perlu kalian perhatikan.

Pertama, informasi yang disajikan lewat spanduk tidak terlalu lengkap disampaikan kepada audiens. Kedua, masyarakat akan merasa bosan jika penempatan spanduk terlalu intens atau frekuensinya yang tinggi. Terakhir, jika kalian tidak cerdas dalam memilih tempat, spanduk bisa mengganggu keindahan lingkungan sekitar.

3) Poster


jenis macam contoh media luar ruang iklan outdoor advertising agency kelebihan kelemahan perbedaan definisi arti


Jenis media luar yang ketiga adalah poster atau plakat. Secara sederhana, poster dapat diartikan sebagai suatu karya desain grafis yang berisi gambar dan huruf yang diaplikasikan pada suatu kertas atau media cetak.

Agar menarik minat masyarakat untuk melihat, biasanya poster menggunakan warna-warna yang kuat dan mencolok. Selain itu, poster sering kali ditempel di permukaan yang datar seperti dinding atau tembok. Penggunaan poster sering kali digunakan untuk menampilkan iklan, propaganda, berita sosialisasi, dan promosi tentang suatu produk.

Poster dirancang bukan tanpa sebab, melainkan ada berbagai tujuan yang ingin dicapai oleh pihak yang membuatnya. Pihak pembuat poster bisa bertujuan untuk kepentingan komersial, mendapatkan perhatian dari masyarakat yang melihat, dan memperoleh simpati dari masyarakat.

Jenis Poster 


  • Poster niaga merupakan sebuah poster yang digunakan untuk mengkomunikasikan berbagai hal yang terkait dengan perniagaan. Mulai dari menawarkan barang dan jasa, promosi, dan diskon yang diberikan suatu perusahaan kepada pelanggannya.
  • Poster kegiatan sering kali digunakan untuk menyampaikan berbagai kegiatan yang akan diselenggarakan dan melibatkan banyak masyarakat. Seperti kegiatan jalan sehat, senam, atau marathon.
  • Poster pendidikan memiliki tujuan untuk memberikan pendidikan kepada orang yang melihatnya.
  • Poster layanan masyarakat sering kali dimanfaatkan dalam berbagai hal yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat dan suatu hal yang penting diketahui oleh masyarakat.
\\

Comments

Popular posts from this blog

ELEMEN DALAM DESAIN MEDIA IKLAN

Jenis-Jenis iklan