ELEMEN DALAM DESAIN MEDIA IKLAN

ELEMEN DALAM DESAIN MEDIA IKLAN

Iklan adalah alat marketing untuk memperlihatkan dan menjual produk dari perusahaan kepada
target audiens dengan menggunakan elemen-elemen verbal dan visual melalui media yang dianggap
efektif. Tetapi, ada pula iklan yang nonkomersial dan bertujuan untuk menyampaikan informasi
tertentu kepada masyarakat. Secara umum, iklan bisa muncul dari mana saja dan menggunakan
media apa saja, asalkan bisa mengusung informasi jualan untuk target audiens. Sebagian besar media iklan memuat dua elemen, yaitu visual dan verbal. Elemen visual berupa ilustrasi (foto atau gambar), tipografi, bidang, atau gabungan beberapa unsur grafis. Elemen verbal terdiri dari: Judul (headline), Sub judul (subhead), teks (body copy) dan baseline (slogan perusahaan). Berikut penjelasan mengenai elemen-elemennya.

#1: Headline
Headline adalah pesan verbal yang paling ditonjolkan, pesan ini diharapkan dapat dibaca oleh
pembaca pertama kalinya. Biasanya untuk menonjolkan headline, dibuat menggunakan ukuran font
paling besar, sehingga dari kejauhan pesan headline tersebut yang paling dahulu dibaca. Letak
headline tidak ada batasan, dapat di atas, di tengah, atau disamping. Disebut juga dengan kepala
tulisan. Bagian teks ini diharapkan dapat dibaca pertama kali oleh audiens. Walaupun namanya head
(kepala), posisisnya tidak selalu berada di atas, tapi bisa juga di tengah ataupun di bawah.

#2: Subheadline
Subheadline atau sering dikenal dengan subjudul, subheadline ini adalah kalimat penjelas headline.
Subheadline merupakan pesan singkat namun memberi kejelasan headline. Setelah pembaca
membaca headline dan kemudian penasaran, maka pembaca akan digiring untuk membaca
informasi selanjutnya yaitu bodycopy/bodytext. Sering disingkat dengan subhead. Berisi kalimat
penjelasan atau kelanjutan dari headline. Biasanya, terletak di bawah headline, karena fungsinya
memang menjelaskan headline. Bila teks pendek letaknya di atas, penyebutannya adalah overline.

#3: Bodycopy atau Bodytext
Adalah teks yang menguraikan informasi produk lebih detail. Diharapkan dapat membujuk dan
memprovokasi pembaca untuk membeli produk yang diiklankan. Panjang-pendeknya bodycopy
tergantung kondisi ruang iklan.

#4: Tagline
Disebut juga dengan slogan, atau catch phrase. Sebuah kalimat pendek yang menyerukan suatu
spirit dari produk atau korporat secara berulang-ulang, sehingga dihafal oleh masyarakat. Contohnya
adalah Teh Botol Sosro yang berslogan Ahlinya Teh.

#5: Baseline
Bagian penutup dari sebuah iklan. Umumnya berisi nama dan logo perusahaan beserta alamat
pengiklan. Disebut juga dengan signature atau sign off. Terkadang disebut juga dengan closing.

#6: Product Shot
Foto produk atau brand yang ditawarkan. Bisa dengan menghadirkan gambar utama, atau bisa juga
dengan gambar diletakkan di baseline. Iklan kosmetik misalnya, lebih menonjolkan model yang
memakainya, bukan produknya sendiri.


Peran media cetak dijaman 90-an memang sangat berpengaruh. selain sebagai sumber berita aktual
kita juga dapat mengathui perkembangan yang sedang terjadi atau pengumuman penting. namun
sudah ada beberapa pakar mengatakan bahwa media cetak akan punah dimasa mendatang, melihat
era digital begitu mudahnya mengakses berita. Orang pertama yang menggunakan mesin cetak
adalah Gutenberg. dia menggunakan mesin cetak dari baja yang dapat bergerak. melihat
penemuannya yang mengagumkan "bisa menggandakan cetakan dalam jumlah banyak", maka  takut penemuannya dianggap tiruan murah. sehingga dia memutuskan untuk memulai
proyek pencetakan Injil sebagai cetusan pertamanya.

Kelebihan Media cetak adalah kita bisa mendapatkan berita terbaru setiap hari, tips tentang hal
unik, mendapat informasi luas, menambah wawasan, mempelajari hal yang belum pernah diketahui,
meningkatkan kertatifitas, mencari lowongan kerja dll.
Sedangkan Dampak Negatif / kekurangan media cetak adalah kita harus mengeluarkan uang sesuai
harga yang ditetapkan, dan terkadang ada gosip yang belum tentu nyata namun sudah diberitakan.
dan ini termasuk dosa lho, ada beberapa tulisan yang tidak boleh dibaca anak dibawah umur, dan
sebagainya,

  • Jenis Media Cetak

Ada 8 jenis media cetak yang ada di Indonesia. Pertama adalah surat kabar harian yang memuat
informasi terkini dan biasanya disebut koran. Surat kabar harian menggunakan penulisan apa
adanya. Kedua adalah surat kabar mingguan yang biasanya disebut tabloid. Isinya adalah liputan
mendalam dan berita hiburan. Gaya penulisan tabloid lebih lengkap dan deskriptif daripada koran.
Selanjutnya adalah majalah mingguan, tengah bulanan, bulanan, dwibulanan, tribulanan, dan
bulletin.

  • Manfaat Memasang Iklan di Media Cetak

Iklan adalah pesan, berita atau informasi yang dapat membujuk masyarakat agar tertarik dengan
jasa atau produk yang ditawarkan. Artinya, iklan mempunyai sifat persuasif untuk mendorong
konsumen sehingga terjadi pembelian produk atau jasa tersebut. Zaman modern membuat konsep
iklan menjadi berkembang jauh lebih luas. Bahkan saat ini iklan tidak hanya dapat menawarkan
barang atau jasa tetapi semua hal dapat dijual seperti ide atau konsep yang dapat dijual agar publik
tertarik.

Komunikasi pada media cetak memang lebih rinci karena pesan iklan dapat disampaikan melalui
tulisan dan gambar sehingga pembaca dapat mendokumentasikan dan menyimpan pesan tersebut
lebih mudah. Media cetak juga sangat ideal untuk memperlihatkan dan menunjukkan kemasan
produk. Apalagi untuk produk kategori baru, media ini dapat menjelaskan manfaat lengkap dari
produk tersebut. Lwin dan Aitchison mengatakan bahwa surat kabar dapat mencapai target iklan
lebih besar karena rentang peliputan yang luas dan beragam. Pembaca juga memiliki banyak waktu
untuk memahami maksud dari informasi yang disampaikan oleh iklan tersebut.

  • Contoh iklan media cetak

Sesuai namanya, iklan produk merupakan jenis iklan yang dibuat untuk menjual atau
mempromosikan sebuah produk, baik barang maupun jasa. Iklan produk sering kali disebut sebagai
ikan niaga dan bertujuan untuk mempengaruhi masyarakat agar membeli produk itu. Jenis iklan ini
adalah salah satu yang paling sering ditemukan;

Iklan Produk Beserta Teks Iklannya
Kunci dalam membuat iklan produk salah satunya ada di tagline, slogan atau pembuatan kalimat
iklan yang menarik. Sebuah kalimat yang gampang diingat dan masuk kedalam benak orang yang
melihat atau membaca iklan.

Beberapa contoh tagline iklan produk yang terkenal diantaranya;

Minuman Pengganti Ion Dalam Tubuh (Pocari Sweat)
Apapun Makanannya, Minumnya Teh Botoh Sosro (Teh Sosro)
Jelas Lebih Enaak (Kapal Api
Indomie Seleraaku (Indomie).
Orange No.1 di Dunia (Floridina Orange)

Contoh Teks Iklan Produk Floridina

Mulai hari dengan yang fresh, be ready go with floridina, floridina jeruknya florida orange, real fresh,
real orange pulp, so juicy!! floridina fresh tanpa pengawet, nggak bikin worry, enak dinikmati dimana
aja, .. floridina with real orange pulp. SO JUICY!!


  • IKLAN MEDIA DIGITAL

Iklan dalam media digital merupakan iklan yang memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Dalam iklan digital interaktif, dibagi lagi menjadi beberapa kelompok, antara lain:

- Website: iklan yang secara keseluruhan berwujud website di semua fitur dalam situs tersebut, yaitu iklan. Terkadang suatu perusahaan juga membuat semua situs perusahaannya menjadi ladang iklan
.
- Banner dan tombol: banner di sini berupa billboard mini yang tersebar di semua halaman web. Button sering berwujud icon ukuran kecil. Keduanya jika diklik akan membawa ke situs dari pengiklan atau halaman yang baru.

- Sponsorship: iklan yang dibiayai pihak sponsor secara penuh di halam dari pembuat situs.

- Classified ads: iklan yang berwujud seperti iklan baris dalam koran dan umumnya gratis.

- E-mail advertising: iklan yang dikirimkan melalui e-mail kepada para customer yang memang meminta.

  • KELEBIHAN MEDIA DIGITAL

  1. Proses penyebaran informasi sangat cepat
  2. Informasi atau data lama dapat dibuka kembali dengan mudah sewaktu-waktu
  3. Bentuk konten yang disampaikan sangat beragam, yaitu teks, image, audio, video
  4. Dapat diakses dengan mudah dari mana saja dan kapan saja, serta penggunaannya praktis dan fleksibel Para pengguna media dapat saling berinteraksi.

Media digital bisa dibilang sudah menjadi trend di kalangan masyarakat. Semua orang sudah mulai beralih dari media tradisional ke media digital. Maraknya penggunaan media ini membuat media digital menjadi semakin populer dari hari ke hari. Mulai dari remaja hingga orang dewasa sudah merasakan manfaat dari adanya media digital dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari penggunaan media digital dalam kehidupan kita. Media digital juga berkontribusi dalam berbagai bidang. Salah satu penggunaan media digital yang paling umum adalah dalam kegiatan marketing atau pemasaran. Namun tidak hanya itu, media digital sebenarnya juga berperan dalam dunia pendidikan, khususnya dalam kegiatan pembelajaran.

  • Manfaat Media Digital Dalam Pemasaran


Sudah bukan rahasia lagi kalau banyak perusahaan atau bisnis yang memanfaatkan teknologi media digital dalam kegiatan pemasaran mereka. Media digital dianggap telah mengungguli media tradisional dalam hal ini. Media digital seperti social media menjadi salah satu media favorit yang digunakan untuk mempromosikan bisnis.

Menggunakan media digital telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi perusahaan atau bisnis. Mulai dari hemat biaya, dimana perusahaan tidak perlu mengeluarkan uang sebanyak menggunakan media tradisional. Kemudian media digital juga dapat membantu meningkatkan angka penjualan sebuah bisnis dengan cepat.

Tidak hanya itu, informasi mengenai bisnis kamu juga akan dengan mudah tersebar ke banyak orang dalam waktu yang cepat, sehingga kamu bisa menjangkau market yang sangat luas. Selain manfaat diatas, perusahaan yang menggunakan media digital dalam memasarkan bisnisnya juga dapat mengakses informasi mengenai keefektifan strategi pemasaran yang mereka lakukan


Comments

Popular posts from this blog

Karekteristik Media Luar Ruang

Jenis-Jenis iklan