Karakteristik Media Elektronik

-Karakteristik Media Elektronik Secara Umum- 


  1. Audiovisual
Televisi memiliki kelebihan yakni dapat dilihat (melalui gambar) dan dapat didengar (melalui suara).  dianggap media penyiaran yang paling akurat sebab memiliki gambar sehingga lebih mudah mencerna sebuah berita.
  1. Berfikir Dalam Gambar
Ada dua tahap yang dilakukan untuk membuat suatau berita yang berkualitasyakni proses pertama adalah visualisasi, dalam proses ini pengarah acara merangkai agar gambar memiliki makna. Tahap kedua adalah penggambaran, yaitu merangkai gambar sedemikian rupa sehingga mempunyai kontinuitas dan mengandung makna tertentu.
  1. Pengoperasian Lebih Kompleks                                                                                                       Pengoperasian televisi menjadi sumber berita dilakukan oleh banyak profesional di bidangnya. Sebab prosesnya dinilai jauh lebih rumit dan membutuhkan banyak orang atau pihak untuk membuat satu berita. 
  1. Bersifat Satu Arah
Siaran televisi bersifat satu arah, yakni kita sebagai pemirsa hanya dapat menerima berita yang ditayangkan pihak televisi. Kita tidak berhak menyela atau menginterupsi acara yang sedang ditayangkan. Namun, jika kita merasa berita tersebut tidak layak tonton atau melanggar peraturan media massa dan media penyiaran kita berhak memberikan kritik dan saran melalui hotline televisi yang bersangkutan.
  1. Bersifat Terbuka
Televisi ditujukan kepada masyarakat umum, selagi memiliki channel televisi yang bersangkutan. Sehingga ketika televisi mengudara maka tidak akan ada pembatas seperti letak geografis, usia, dll. Hal yang perlu untuk dilakukan hanya mengatur jam tayang. 
  1. Publik Tersebar
Khalayak televisi tidak hanya berada di satu wilayah saja, namun tersebar di seluruh wilayah dalam lingkup lokal maupun internasional. Namun, ada beberapa televisi yang hanya menjangkau wilayah satu kota. Untuk televisi komersial, iklan adalah darah dan urat nadi hidupnya.
  1. Bersifat Selintas
Pesan-pesan televisi hanya dapat dilihat dan didengar secara sepintas saat acara berlangsung. Sehingga siarannya tidak dapat diulang kembali sehingga kalimat yang digunakan untuk membuat pesan-pesan di televisi harus menggunakan kalimat dan bahasa yang singkat dan mudah dimengerti tanpa harus menimbulkan perasaan bosan dari pemirsa.
  1. Keserempakan
Yang dimaksud ialah dalam waktu yang relatif sama, pemirsa dapat menyaksikan atau menerima informasi yang sama.Keserampakan penerimaan pesan dapat terjadi karena dari tempat kejadian dapat langsung disiarkan oleh pemirsa secara bersamaan. 

Comments

Popular posts from this blog

Karekteristik Media Luar Ruang

ELEMEN DALAM DESAIN MEDIA IKLAN

Jenis-Jenis iklan